Jumat, 29 April 2011

Konvergensi dan Konsentrasi di Industri Media

PERKEMBANGAN TIK DAN TANTANGAN INDUSTRI PENYIARAN INDONESIA

1.   Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
     Menuju ke Konvergensi atau Teknologi 3 layar (TV,Komputer/Laptop,HP); Interaktif.
     Teknologi dan sarana yang tersedia saat ini, 3G, Wimax dan jaringan Fiber-Optik.
     Saat ini beberapa Lembaga Penyiaran sudah melakukan siaran percobaan menggunakan berbagai teknologi, namun sebatas percobaan teknis saja.

2.   Tantangan industri penyiaraan
a.    Regulasi
     Regulasi yang berubah-ubah menyebabkan ketidakpastiaan peraturan berakibat sulit untuk rencana usaha jangka panjang.
     Tidak sinkronnya peraturan yang satu dengan yang lain ditingkat nasional, juga menimbulkan keraguan dalam pengambilan keputusan.
     Peraturan Daerah atau kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh regulator daerah lain tidak sama dari daerah satu dengan daerah lain.
     Akibat dari hal-hal diatas, industri penyiaran sulit untuk merencanakan jangka panjang.

b.    Intrastuktur
     Untuk Teknologi yang bersifat interaktif, dibutuhkan jaringan serat optik dengan penetrasi yang luas dan harga yang terjangkau. Pada saat ini belum tercapai, namun sudah menunjukan kemajuan.
     Teknologi wireless seperti Wimax belum menjanjikan karena bandwidth yang terbatas dan “Nomandic”.
     Untuk sementara teknologi 3G belum menarik karena ukuran layar yang terbatas. Bila ukuran layar membesar (Ipad), maka teknologi akan menarik untuk industri penyiaran.

c.    Trend masyarakat
     Kemajuan TIK menyebabkan sebuah trend baru dalam masyarakat, dimana mereka ingin informasi kapan mereka ada waktu, dimana saja, dan  jenis informasi yang mereka inginkan.
     Trend ini menimbulkan segmentasi yang amat kecil, namun sangat khusus.
     Jejaring Sosial (Facebook) merupakan gambaran masa depan, dimana muncul komunitas-komunitas tanpa ada lembaga penyiaran atau administrator.
     Perusahaan Periklanan Internasional sudah mulai memberikan perhatian khusus kepada jejaring sosial.

d.   Model bisnis
     Dimasa mendatang lembaga penyiaran akan menjadi “Content Provider”
     Mengingat Trend Masyarakat Modern, maka target “Pemirsa” menjadi kecil, sedangkan biaya Program tetap tinggi.
     Content Provider memburtuhkan pengembalian investasi yang panjang, mengingat jumlah “pemirsa” yang kecil menyebabkan pemasuka dar langganan dan iklan menjadi kecil.
     Kepastian Hukum menjadi salah faktor penting dalam TIK.

 
KONVERGENSI
Berpadunya teknologi dan rantai nilai (value chain) industri telekomunikasi, penyiaran, teknologi informasi,  dan konten, beserta  ikutannya sehingga khalayak  memperoleh layanan yang terpadu sesuai kebutuhan.
Tiga revolusi di dalam komunikasi adanya perkembangan komputer, laptop, Black Berry, ponsel  melebihi media konvensional, Tiras Media Cetak mengalami penurunan, radio dan televisi stagnasi serta Boomingnya Net Generation with Web 2.0 dan Pola komunikasi berubah dari sebelumnya.

Indikator Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia 2009
      PenggunaTelepon : 25,6 juta
      Pengguna Phone Seluler : 170 juta
      Pengguna Internet : 50 juta
      Pengguna Broadband: 10 juta
      Pemakai Televisi: 40 juta
      Media Cetak: 15 juta
      Facebooker : 16 juta

Media Broadcast di Indonesia 2010
       Badan Penyiaran Radio Publik : 248
       Badan Penyiaran Radio Pribadi : 1951
       Badan Penyiaran Radio Komunitas : 479
Total : 2678

Televisi di Indonesia 2010
       Badan Penyiaran Televisi Publik : 20
       Badan Penyiaran Televisi Pribadi : 375
       Badan Penyiaran Televisi Komunitas : 20
       Badan Penyiaran Televisi Berlangganan : 114
Total : 529

Media Cetak di Indonesia 2010
       Media Cetak Harian : 291
       Media Cetak Mingguan : 337
       Media Cetak Bulanan : 196
Total : 824

Iklan Belanja di Indonesia 2005-2009
       2005: 2,6 milyar USD
       2006: 3,1 milyar USD
       2007: 3,7 milyar USD
       2008: 4,2 milyar USD
       2009: 4,9 milyar USD

KONSEKUENSI KONVERGENSI DIGITAL
       Dunia ini datar
       Cakupan publik yang lebih luas
       Ditemukannya Otak global
       Demokratisasi di seluruh dunia
       Konsentrasi kepemilikan
       Siapa yang akan jadi pemenangnya?

KOMUNIKASI POLITIK
       Dimensi politik lebih penting
       Perputaran adalah sangat signifikan
       Politik sebagai dramaturgi
       Opini publik juga ditentukan oleh media sosial
       Teknologi web 2.0 harus digunakan (anatomi buzz)
       Para sarjana komunikasi harus memberikan perhatian terhadap:
ü  Multi-tasking Jurnalisme
ü  PR Web 2.0
ü  Kewirausahaan di Konvergensi
ü  Teknologi Komunikasi
ü  Penggunaan e-educations
ü  Hukum Konvergensi Media
ü  Bagaimana menjadi ahli perputaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar